Home Notisia Tentang Jenasah Nicolau Lobato, Bulan Depan Dubes RI di TL Akan Bertanya...

Tentang Jenasah Nicolau Lobato, Bulan Depan Dubes RI di TL Akan Bertanya Pada Prabowo

4187
0
Duta Besar RI untuk TL, Sahat Sitoru foto bersama dengan Jose Lobato anak dari pahlawan Nicolau Lobato. [Foto: Zevonia Vieira | 31.12.2019]

Tanggal 31 Desember sebagai hari Pahlawan Nasional Timor-Leste, dalam peringatan tersebut, rakyat Timor-Leste juga memperingati gugurnya pahlawan Presiden Nicolau Lobato yang ditembak mati oleh military Indonesia pada tanggal 31 Desember 1978.

Di sela-sela peringatan hari Pahlawan Nasional Timor-Leste, kepada jurnalis Neon Metin Duta Besar Indonesia untuk Timor-Leste, Sahat Sitorus menjelaskan bahwa sebagai Duta Besar selalu menyampaikan permintaan bangsa Timor-Leste tentang jenazah Presiden Nicolau Lobato.

“Tugas saya sebagai Duta Besar Indonesia di Timor-Leste tidak pernah berhenti dan seluruh orang-orang yang terlibat, saya usahakan akan temui. Saya sudah berbicara dengan Pak SBY [Susilo Bambang Yudho Yono. Red] bicara dengan para jenderal lainnya, saya juga berusaha untuk berbicara denga Prabowo dan Yunus Yosfiah jadi kita harus sabar, saya minta masyarakat Timor-Leste bersama dengan saya mendoakan agar Tuhan membuka pintu hati orang-orang yang tahu keberadaan jenazah Nicolau Lobato, karena sebagai pahlawan nasional tentu ada kerinduan khususnya keluarga. Beri saya kesempatan untuk terus mengkomunikasikan dengan para pemimpin masa lalu yang pernah terlibat langsung dengan pak Nicolau Lobato”, kata Sahat Sitorus di Bundaran patung Nicolau Lobato, 31/12.

Pada Neon Metin Sahat juga menambahkan bahwa akan berusaha bertempu dengan Prabowo Subianto, “saya berusaha bertemu dengan Prabowo, saya sebagai duta besar berhak dan harus menanyakan melalu kementrian luar negeri, melalui mabes TNI dan saya berharap memberikan informasi kepada mereka, karena ini suatu cacatan sejarah yang sangat penting bagi hubungan kedua Negara. Saya akan usahakan bertemu pak Prabowo bulan depan, juga berusaha untuk bertemu dengan pak Yunus Yosfiah yang dulu katanya pasukannya langsung terlibat dalam kejadian saat itu”.

Di tempat yang sama anak tunggal dari pahlawan Nicolau Lobato, yang bernama Jose Lobato saat ditanya apa harapan dan tuntutan anda agar segera mendapa jenasah ayahanda? Jose Lobato tidak dapat memberi komentar tentang hal tersebut, “untuk saat ini saya tidak bisa memberi komentar, saya akan bicara diwaktu yang tepat”.

Sedangkan dari Saudara sepupunya Nicolau Lobato berharap agar kedua pemerintah Timor-Leste dan Indonesia berharap bisa terus berusaha untuk mendapat kembali jenasah Nicolau Lobato.

“Kami mendengar bahwa telah didirikan sebuah komisu untuk mencari anak-anak yang hilang dalam peperangan, termasuk Nicolau Lobato, tetapi hingga saat ini belum ada hasil sama sekali. Kami dari piha keluarga tidak hilang harapan, karena kita punya hubungan yang baik dengan Indonsia, mereka yang membunuh Nicolau Lobato masih hidup, dan mereka tahu dimana keberadaan jenasahnya, cuman masalahnya belum ada niat untuk berusaha. Jika saja jenasahnya tidak utuh pun harus diserahkan kepada Timor-Leste, agar bisa dikuburkan secara adat”, kata Luis Lobato.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here